Memberi password pada folder

Apakah Anda sadar jika file di komputer Anda telah diambil orang? iya, data anda telah berpindah ke komputer orang lain tanpa sepengetahuan Anda. Tetapi jangan panik dulu karena hal ini akan terjadi jika komputer anda terhubung jaringan, baik lokal (Local Area Network / LAN) maupun yang lebih luas seperti internet dan dalam keadaan folder ter-share (walaupun mungkin ada cara juga untuk mengambil data anda tanpa Anda men-share folder).

Secara umum, apapun komputer dan Sistem Operasi yang Anda pakai hal ini dapat terjadi selama terhubung dengan jaringan (teringat dengan pernyataan: ‘Jika ingin komputer Anda aman, pisahkan satu inchi dari jaringan, dengan kata lain jangan sambungkan komputer Anda ke jaringan’).

Secara sederhana ada dua cara yang tergantung kepentingan Anda untuk membatasi orang mengakses data ke komputer Anda. Jika ingin sama sekali komputer Anda tidak dapat diakses datanya, dapat diatur melalui Control Panel->Network Connections. Sedang jika Anda ingin orang tertentu yang dapat mengakses data di komputer Anda, dapat diatur dengan memberi password pada folder yang Anda sharing. (ups, hampir lupa, yang akan kita bahas ini nanti mengenai pemberian password pada folder sharing pada Windows XP)

Bagaimana agar komputer saya tidak bisa diakses atau sharing folder / datanya? atau malah kebalikannya, Kenapa komputer saya tidak bisa sharing data? Kenapa komputer saya tidak bisa sharing printer? itulah sedikitnya pertanyaan yang muncul dari apa yang akan kita lakukan ini. Buka Windows Explorer kemudian menuju ke Control Panel, pilih Network Connections atau Network and Internet Connections kemudian pilih Network Connections. Di sebelah kanan terdapat Local Area Connection kemudian klik kanan dan pilih Properties dan tunggu sampai diaolog Local Area Connection Properties muncul. Terdapat tiga tab, yaitu General, Authentication dan Advanced kemudian pilih tab General. Unchecked atau jangan dikasih tanda centang pada File and Printer Sharing for Microsoft Networks di dalam textbox dibawah tulisan This connection uses the following items: pada tab General tersebut. Kemudian klik OK dan selesai, untuk memastikan apakah folder sharing telah tidak aktif dapat dilakukan dari komputer lain yang satu jaringan.

Untuk memberi password di folder bagi user tertentu yang ingin mengaksesnya, otomatis Anda harus sebagai user yang dapat mengelola user di komputer tersebut, dalam hal ini Administrator. Jadi, sebelumnya lebih baik membuat user dengan level bukan Administrator atau sesuai kebutuhan dan passwordnya pada komputer tersebut. Mengelola user dapat dilakukan melalui Control Panel->User Accounts. Setelah mempunyai user yang digunakan untuk mengakses folder tersebut, buka Windows Explorer kemudian pilih menu Tools->Folder Options.. dan tunggu kotak dialog Folder Options muncul. Pilih tab View dari empat tab (General, View, File Types, Offline Files) yang ada. Unchecked atau hilangkan tanda centang pada point Use simple file sharing (Recomended) pada textbox dibawah tulisan Advanced settings, dan klik tombol OK.

Seperti halnya melakukan sharing folder, buka Windows Explorer kemudian klik kanan pada folder yang ingin di-share dan pilih Sharing and Security… sehingga muncul kotak dialog Master Properties. Pilih tab Sharing dari tiga tab (General, Sharing, Customize) yang ada. Pilih radio button Share this folder dari dua radio button (Do not share this folder dan Share this folder) yang ada. Biarkan Share name seperti nama foldernya atau ubah sesuai keinginan, dan beri komentar kalo perlu di bawahnya. Untuk menentukan user yang dapat mengakses folder tersebut, klik tombol Permissions sehingga muncul kotak dialog Permissions for [nama sharing] yang secara default dapat diakses oleh Everyone atau semua orang.

Klilk tombol Remove untuk menghapus user Everyone yang ada secara default tersebut. Kemudian tambahkan user yang telah Anda buat sebelumnya yang berhak mengkases folder tersebut dengan menekan tombol Add, Isikan nama user dan kemudian tekan tombol OK. Tentukan permisi dari user tersebut, apakah hanya membaca file yang ada di folder (beri tanda centang Read) atau merubah (Change) dan bahkan menghapus atau membuat file baru (Full Control), kemudian tekan tombol OK. Folder tersebut secara default dapat diakses oleh maksimal user yang mengetahui user dan passwordnya, akan tetapi untuk dapat membatasi hanya untuk beberapa user, dapat Anda rubah settingannya di User Limit. Setelah pengaturan sudah sesuai keinginan, kemudian tekan tombol OK.

  1. 63 Responses to “Memberi password pada folder”

  2. info penting.. yg dah lama ku cari..
    thanks so much bro..

    By Jendral kancil on Dec 25, 2008

  3. Silahkan ‘dinikmati’ bro,
    Salam kenal..

    By artharry on Dec 26, 2008

  4. mangtabs mas, yo yo

    By techno_kid on Feb 2, 2009

  5. Terimakasih Techno kid
    Salam kenal..

    By artharry on Feb 2, 2009

  6. yo..megko tak cobane lek..
    matur thank yu

    By washabie on Feb 7, 2009

  7. piye ki tak tunggu kabar lainnya

    By washabie on Feb 7, 2009

  8. @washabie
    OK, sami-sami :D

    kabar liyane opo je lek? :)

    By artharry on Feb 7, 2009

  9. bro,,
    di share folder ane gk nemu tombol permission,, gmn???

    thanks be4..

    By arul on Feb 10, 2009

  10. Kalo bagian ini (paragraf 5): “buka Windows Explorer kemudian pilih menu Tools->Folder Options.. dan tunggu kotak dialog Folder Options muncul. Pilih tab View dari empat tab (General, View, File Types, Offline Files) yang ada. Unchecked atau hilangkan tanda centang pada point Use simple file sharing (Recomended) pada textbox dibawah tulisan Advanced settings, dan klik tombol OK.”
    sudah dilakukan, harusnya itu nanti sudah keluar.
    semoga membantu.. :)

    By artharry on Feb 10, 2009

  11. Saya sudah coba cara2 yang disarankan, tapi kok masih gak bisa yah..??pas saya coba untuk buka dari PC lain ada pesan error, bahwa access denied, padahal saya belum ditanya username and password…??
    nah ini yang sampai sekarang masih jadi masalah… :(

    By agusnur on May 29, 2009

  12. @agusnur
    hmm, kalau sudah seperti yang ada ditulisan tersebut harusnya sudah bisa dan tidak ada masalah kecuali ada pengaturan lain yang berbeda dengan yang saya lakukan, karena tulisan tersebut berdasar dari pengalaman dan bisa berjalan dengan baik.
    Kalau melihat pesan error tersebut, kemungkinan komputer tersebut tidak tersambung dengan komputer yang di share tersebut.
    Penyebab tidak tersambung bisa karena kabel jaringan, bisa karena hak akses untuk tidak share file maupun printer..
    semoga membantu.. :)

    By artharry on May 30, 2009

  13. Bingung mas … :(

    By Didik Kristiawan on Jun 2, 2009

  14. @Didik Kristiawan:
    weleh, kalo dibaca pelan² dan langsung dipraktekin gitu kayaknya mudah aja. Karena pas mbikin tulisan ini juga sambil praktek gitu, :)

    By artharry on Jun 3, 2009

  15. Maklum aja mas, IQ sy di bawah standar ISO

    By Didik Kristiawan on Jun 6, 2009

  16. @Didik Kristiawan:
    jangan begitu, apapun itu harus disyukuri, yang penting kan berusaha..

    By artharry on Jun 6, 2009

  17. he… he… he.. iya … ^_^

    By Didik Kristiawan on Jun 6, 2009

  18. kalo cara balikin awal lagi gimana bos? misalkan kita ga mau pake password lagi, gw binggung gw udah coba and berhasil tiap kali mau buka pasti harus minta password, kalo kita pengen balik normal gimana ya? tanpa harus ngisi password lagi

    By didit on Jun 22, 2009

  19. @didit:
    tinggal memberikan Hak akses pada Everyone, dan hilangkan semua usernya.. (coba perhatikan alinea postingan diatas untuk menambah atau menghapusnya)
    semoga membantu.. :)

    By artharry on Jun 23, 2009

  20. om moe tanya, misalkan gini 1 PC server ngeshare 2 folder nah 1 folder bisa full di liat ama semua user, nah kalo 1 folder lagi di lock yang bisa liat hanya user user yang tau password nya. tanpa menggunakan software ya. Kalo pake cara om di atas bisa ga ya?, penjelasan detail om maklum gaptek masih belajar yang nama nya jaringan

    By yusup on Jun 23, 2009

  21. @yusup:
    Bisa (secara teori, belum nyoba yang seperti itu juga sih) tinggal membiarkan (tidak menghapus user everyone untuk yang share ke semua tanpa password)
    dan mengatur user untuk folder yang ingin diberi password,
    semoga membantu, :)

    By artharry on Jun 24, 2009

  22. om coba dong, kalo berhasil kasih tau saya cara cara nya, dari kemaren saya ngulik ga nemu nemu, waktu nya terbatas juga di kantor, tanya orang IT pada pelit pelit semua.

    By yusup on Jun 24, 2009

  23. @yusup:
    langkah²nya sama kayak di atas, coba aja.. :)

    By artharry on Jun 25, 2009

  24. lebih bagus lg kalo pake gambar ya mas :)

    By fanni tsukada on Aug 22, 2009

  25. thx berat mas,,
    jadi dah bisa ni,,padahal dulu di skul pernah di ajarin n di kasih bukunya,,
    tp ru bs skrang,,

    thx berat sebratnya,,

    By arul on Aug 24, 2009

  26. @fanni tsukada
    Iya nih, kemaren belum sempat mbikin pake gambar, mungkin di artikel selanjutnya, terimakasih sarannya..
    Salam kenal..

    @arul
    Sama², semoga bisa membantu dilain kali, Salam kenal..

    By artharry on Aug 25, 2009

  27. mas mw tanya donk, klo ada 2 pc satu server tp beda domain, misalnya IP 10.11.12.13 dan 10.11.12.14, tapi yang satu domainnya admin yang satu humas, sudah bisa share tapi ga bisa pake password, klo user everyone diremove malah ga bisa dishare.
    thank untuk infonya…

    By dhonie on Sep 4, 2009

  28. @dhonie
    Untuk pengertian domain disini saya kurang begitu ngerti dengan yang Anda maksud, tetapi untuk satu jaringan dan sudah bisa share berarti ‘harusnya’ bisa menggunakan password juga.
    Kalau tetap gak bisa, coba share di satu jaringan dan satu domain, kalo bisa berarti memang tidak memungkinkan untuk antar domain atau ada pengaturan tambahan lagi.
    Semoga membantu.. :)

    By artharry on Sep 4, 2009

  29. mas, saya wes coba. muncul se login nya. tapi ketika aku masukkan user dan paswordnya kok salah terus mas ya.

    By alimuntaha on Sep 5, 2009

  30. Buat data yg di share umum tapi di password kayaknya ada solusinya ni…
    saya dah nyoba dan lumayan mantap…
    ni donlot aja programnya langsung…

    link download : http://www.4shared.com/file/141557804/ed2702c6/TMS_FlashDisk_Security_v30_Final_Rilis.html

    cara makenya gampang programnya tinggal buka di dalam folder yg di sharing tersebut nanti otomatis di sebelah programnya ada folder yg di proteksi oleh program tersebut…

    info lengkap coba aja dah….

    By Acung on Oct 18, 2009

  31. @Acung:
    Terimakasih, silahkan temen² lain yang berminat mencoba, itu bisa menjadi alternatif lain.. :)

    By artharry on Oct 19, 2009

  32. Mau tanya om….
    Komp winXP pro SP2 ada masalah nih..
    Di Local Area Connection Properties menu Advanced hilang/tdk ada. Bagaimana menampilkan kembali ? Apakah itu disebabkan virus atao apa om ?

    Matur nuwun

    By antok on Dec 8, 2009

  33. terimakasih bro, bermanfaat nih ulasan.

    By duckyduck on Dec 11, 2009

  34. @antok:
    Mungkin emang kena virus, coba scan dengan antivirus, repair ato lebih enaknya sih install ulang, :D

    @duckyduck:
    :)

    By artharry on Dec 11, 2009

  35. ahh bisa lebih detail lagi ga….

    By ???? ???? ?? ??? on Jan 19, 2010

  36. bisa lebih detail lagi ga…???

    soalnya pusing.

    By keroco on Jan 19, 2010

  37. Om,, cra msukin password’a pas bag mna?? pusing neh om,,

    By Y-o on Feb 3, 2010

  38. @keroco itu sudah detil :D

    By artharry on Feb 23, 2010

  39. @Y-o waktu buka foldernya nanti kan muncul minta password :)

    By artharry on Feb 23, 2010

  40. mas kalo aku pake xp home edition di folder option gak ada Use simple file sharing (Recomended)nya jadi gimana tuh solusinya?? terimakasih

    By yahya on Mar 3, 2010

  41. @yahya harusnya ada itu, atau coba diupgrade aja ke professional..

    By artharry on Mar 5, 2010

  42. mas, kalau cuma ngasih password ke folder tertentu gimana. ya?

    By Emas on Mar 23, 2010

  43. askum..!!
    kang.. aku mau nanya kang…
    kenapa kang yah.. komputer saya.
    tidak bisa untuk melihat gambar.
    biasanya kan di thubnails/di tiles sudah kelihatan gambarnya ..
    tapi itu kok g’ bisa di lihat yah..
    & di buat copy-paste juga g’ bisa..
    pas meng copynya bisa ..
    lalu pas mem pastenya sudah g’ bisa langsung seakan2 heng..
    nyandet moro kang..
    kok bisa begitu kang..
    aku minta’ penjelasannya dong kang..
    sudah terima kasih…wassalam..!

    By junet on Mar 27, 2010

  44. mas mo tanya nih, kalo mo ngasih user dan password di pc client biar dari pc lain kalo mau masuk ke pc itu harus masukin user dan password. ditunggu jawabannya mas, trims

    By maxground666 on Apr 6, 2010

  45. thanks buanget tas Nfonya…

    By muhib on Apr 18, 2010

  46. kunjungan awal mas.thanks infonya,salam kenal

    By Aryes novianto on Apr 22, 2010

  47. makasih infonya mas

    By pusat distributor pulsa on Apr 24, 2010

  48. apa yang saya cari, terima kasih

    By Clindyendeawl-tool on May 17, 2010

  49. @Emas sama aja tu caranya, kayak yang di atas, tinggal pilih folder yang diinginkan gitu..

    By artharry on May 24, 2010

  50. @junet waduh, mungkin ada virusnya, tapi yang pasti udah nggak normal tuh sistemnya. coba di repair aja atau kalo tetep ya install ulang (format gitu) :)

    By artharry on May 24, 2010

  51. @maxground666 maksudnya ‘masuk ke pc’ itu giman ya Mas, kalo masuk itu artinya cuma melihat isi folder tertentu ya sama kayak cara di atas itu..

    By artharry on May 24, 2010

  52. kalo sudah ada nama groupnya di LAN bisa juga ga langsung dibuat passwordnya mas?

    By rumah murah on May 24, 2010

  53. itu yang ttg user account gimana yh maksudnya mas? saya kurang ngerti
    kalo misal d jaringan ada 8 komp, trus masing2 komp ada user account sndiri, nah d server itu kita arus gimana?
    apa bikin baru lagi satu satu d server dengan account yang sama dengan yang 7 komp itu sudah punya atau gimana?
    makasi mas sebelumnya

    By bernard on Jun 14, 2010

  54. mas saya masih gak bisa nih, maunya buat shared folder berpassword, tapi setelah saya lakukan cara diatas, waktu saya coba akses dari komputer lain system tidak minta password. system cuman bilang foldernya tidak bisa diakses saja. bagaimana yah?

    By Darwin on Aug 3, 2010

  55. makasih atas infonya

    By marwadi on Aug 9, 2010

  56. ga bisa boz, ga ada cara lain ya ?

    By Wahyoe on Aug 13, 2010

  57. mau tanya, mas. saya mau masang password pada folder yang akan saya burning ke disc. caranya gimana? tks sblmx

    By amir on Sep 18, 2010

  58. gak seru ah..

    By @hendrik on Dec 9, 2010

  59. nice share bro…!! good luck..!! sangat membantu…!!!!! :)

    By dedhe on Jan 10, 2011

  60. u/ memudahkan pekerjaan sy, sy melakukan share dokumen dikantor, tp saat ini share document sy di beri password sama bagian IT, kejadiannya klw saya buka share document di komputer lain muncul message dialog minta password. yang saya tanyakan bisakah password tsb dibobol? terimakasih atas jawabannya.

    By Hans on Jan 10, 2011

  61. Mas, saya sudah buat sesuai diatas tapi tetap access denied seolah-olah tdk konek tapi folder yang tidak dihapus every onenya bisa dibuka, ada salah dimana yah
    saya nambahin account name dimana pc yang akan buka folder sharing di pc yang disharing juga ngak bisa.
    tolong donk mas mungkin ada yg kelewat

    Thanks very much

    Kiwill

    By kiwill on Mar 3, 2011

  62. NB : Saya tidak pakai domain tapi work group, apa harus pakai domain?

    By kiwill on Mar 3, 2011

  63. terima kasih atas informasinya

    By rurin on Aug 23, 2011

  64. Maksih sob atas infonya..
    tulisan ini sangat membantu pemula seperti saya,

    By tatar_adi on Dec 20, 2011

Post a Comment