Memberi password pada folder

Apakah Anda sadar jika file di komputer Anda telah diambil orang? iya, data anda telah berpindah ke komputer orang lain tanpa sepengetahuan Anda. Tetapi jangan panik dulu karena hal ini akan terjadi jika komputer anda terhubung jaringan, baik lokal (Local Area Network / LAN) maupun yang lebih luas seperti internet dan dalam keadaan folder ter-share (walaupun mungkin ada cara juga untuk mengambil data anda tanpa Anda men-share folder).

Secara umum, apapun komputer dan Sistem Operasi yang Anda pakai hal ini dapat terjadi selama terhubung dengan jaringan (teringat dengan pernyataan: ‘Jika ingin komputer Anda aman, pisahkan satu inchi dari jaringan, dengan kata lain jangan sambungkan komputer Anda ke jaringan’).

Secara sederhana ada dua cara yang tergantung kepentingan Anda untuk membatasi orang mengakses data ke komputer Anda. Jika ingin sama sekali komputer Anda tidak dapat diakses datanya, dapat diatur melalui Control Panel->Network Connections. Sedang jika Anda ingin orang tertentu yang dapat mengakses data di komputer Anda, dapat diatur dengan memberi password pada folder yang Anda sharing. (ups, hampir lupa, yang akan kita bahas ini nanti mengenai pemberian password pada folder sharing pada Windows XP)

Bagaimana agar komputer saya tidak bisa diakses atau sharing folder / datanya? atau malah kebalikannya, Kenapa komputer saya tidak bisa sharing data? Kenapa komputer saya tidak bisa sharing printer? itulah sedikitnya pertanyaan yang muncul dari apa yang akan kita lakukan ini. Buka Windows Explorer kemudian menuju ke Control Panel, pilih Network Connections atau Network and Internet Connections kemudian pilih Network Connections. Di sebelah kanan terdapat Local Area Connection kemudian klik kanan dan pilih Properties dan tunggu sampai diaolog Local Area Connection Properties muncul. Terdapat tiga tab, yaitu General, Authentication dan Advanced kemudian pilih tab General. Unchecked atau jangan dikasih tanda centang pada File and Printer Sharing for Microsoft Networks di dalam textbox dibawah tulisan This connection uses the following items: pada tab General tersebut. Kemudian klik OK dan selesai, untuk memastikan apakah folder sharing telah tidak aktif dapat dilakukan dari komputer lain yang satu jaringan.

Untuk memberi password di folder bagi user tertentu yang ingin mengaksesnya, otomatis Anda harus sebagai user yang dapat mengelola user di komputer tersebut, dalam hal ini Administrator. Jadi, sebelumnya lebih baik membuat user dengan level bukan Administrator atau sesuai kebutuhan dan passwordnya pada komputer tersebut. Mengelola user dapat dilakukan melalui Control Panel->User Accounts. Setelah mempunyai user yang digunakan untuk mengakses folder tersebut, buka Windows Explorer kemudian pilih menu Tools->Folder Options.. dan tunggu kotak dialog Folder Options muncul. Pilih tab View dari empat tab (General, View, File Types, Offline Files) yang ada. Unchecked atau hilangkan tanda centang pada point Use simple file sharing (Recomended) pada textbox dibawah tulisan Advanced settings, dan klik tombol OK.

Seperti halnya melakukan sharing folder, buka Windows Explorer kemudian klik kanan pada folder yang ingin di-share dan pilih Sharing and Security… sehingga muncul kotak dialog Master Properties. Pilih tab Sharing dari tiga tab (General, Sharing, Customize) yang ada. Pilih radio button Share this folder dari dua radio button (Do not share this folder dan Share this folder) yang ada. Biarkan Share name seperti nama foldernya atau ubah sesuai keinginan, dan beri komentar kalo perlu di bawahnya. Untuk menentukan user yang dapat mengakses folder tersebut, klik tombol Permissions sehingga muncul kotak dialog Permissions for [nama sharing] yang secara default dapat diakses oleh Everyone atau semua orang.

Klilk tombol Remove untuk menghapus user Everyone yang ada secara default tersebut. Kemudian tambahkan user yang telah Anda buat sebelumnya yang berhak mengkases folder tersebut dengan menekan tombol Add, Isikan nama user dan kemudian tekan tombol OK. Tentukan permisi dari user tersebut, apakah hanya membaca file yang ada di folder (beri tanda centang Read) atau merubah (Change) dan bahkan menghapus atau membuat file baru (Full Control), kemudian tekan tombol OK. Folder tersebut secara default dapat diakses oleh maksimal user yang mengetahui user dan passwordnya, akan tetapi untuk dapat membatasi hanya untuk beberapa user, dapat Anda rubah settingannya di User Limit. Setelah pengaturan sudah sesuai keinginan, kemudian tekan tombol OK.

Posted in Keamanan Data Tagged with: , , ,
63 comments on “Memberi password pada folder
  1. kiwill says:

    Mas, saya sudah buat sesuai diatas tapi tetap access denied seolah-olah tdk konek tapi folder yang tidak dihapus every onenya bisa dibuka, ada salah dimana yah
    saya nambahin account name dimana pc yang akan buka folder sharing di pc yang disharing juga ngak bisa.
    tolong donk mas mungkin ada yg kelewat

    Thanks very much

    Kiwill

  2. kiwill says:

    NB : Saya tidak pakai domain tapi work group, apa harus pakai domain?

  3. rurin says:

    terima kasih atas informasinya

  4. tatar_adi says:

    Maksih sob atas infonya..
    tulisan ini sangat membantu pemula seperti saya,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


7 − = one

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>