Program Delphi Sederhana

Hari gini, masih ‘bermain’ Delphi? kenapa engga, :p Ide awal dari blog ini sebenarnya tempat buat mencatat apa yang pernah ku tahu dan ku kerjakan, untuk apa lagi kalau bukan untuk mengingat jika suatu saat diperlukan lagi selain untuk sharing juga. OK kembali ke leptop Delphi, seperti yang ada pada judul postingan ini, nantinya hanya akan membahas cara membuat aplikasi sederhana menggunakn Delphi, jadi jangan berharap mendapat durian runtuh aplikasi Delphi yang rumit pada kali ini. Yup kali ini, karena nantinya akan dilanjutkan ke aplikasi lain yang lebih daripada ini, semoga.

Sudah dibuka? loh apanya? hehe.. ya program Delphi-nya, kalo belum mari dibuka melalui menu Start->Programs->Borland Delphi 7->Delphi 7 dan pilih menu Run->Run atau tekan F9 pada keyboard.

Sudah selesai, loh, iya anda baru saja selesai membuat aplikasi dengan menggunakan Delphi. Tapi, ya ngga ada tapi-tapian, namanya juga sederhana, :p hehe. OK OK mari kita bahas satu persatu, sabar.. jadi begini ceritanya, ketika anda menjalankan program tadi dengan menekan tombol F9 atau dari menu Run, anda telah membentuk file baru. Loh, enggak kok, untuk melihat barang bukti hasil perbuatan yang anda lakukan mari buka Windows Explorer dan menuju ke folder berikut: C:\Program Files\Borland\Delphi7\Projects dan disitu telah terbentuk anak file dari perbuatan ketika anda menjalankan program tadi, yaitu file Unit1.dcu dan Project1.exe

Oleh karena itu, ketika pertama kali membuka program Delphi disarankan untuk menyimpan dahulu ke sebuah direktori khusus. Dimaksudkan agar semua file yang terbentuk akan menjadi satu dalam sebuah folder dan memudahkan kita untuk mencari maupun ketika merubah file tersebut. Jika secara default, file yang terbentuk yaitu Unit1.pas selain dua file yang telah disebutkan di atas. File ini adalah file source dimana tempat menyimpan perintah-perintah aplikasi yang dijalankan sesuai dengan keinginan kita, jika aplikasi tidak sesederhana ini tentunya. Namun demikian bukan berarti file tersebut tidak ada isinya, file tersebut minimal akan berisi barisan program yang berguna untuk membentuk suatu form yang secara default telah dibentuk oleh Delphi ketika kita membuat form.

Sedangkan file Project1.exe adalah aplikasi yang dapat dijalankan tanpa kita memiliki program Delphi ter-install di komputer kita. Ya, itulah aplikasi yang nantinya dapat didistribusikan tanpa perlu kita distribusikan juga file source-nya.

Ada yang ketinggalan, masih berhubungan dengan penyimpanan file yang telah disinggung sebelumnya, bahwa untuk penamaan file dianjurkan juga menyesuaikan dengan kegunaan form atau aplikasi nantinya. Hal ini lebih dikarenakan untuk memudahkan kita ketika melakukan perubahan pada aplikasi yang kita buat. Bayangkan saja ketika aplikasi yang kita bangun tidak hanya terdiri satu file seperti yang telah kita buat tadi, bagaimana kalo ada lebih dari 100 file dan masing-masing file bisa lebih dari 1000 baris, fiuh pusing kan. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk membiasakan menyimpan dalam satu folder tertentu dan mungkin lebih baik juga kalau masing-masing form disimpan dalam folder tersendiri. Ngomong apa ini kok gak ngerti ya, hehe, ya nanti untuk contoh yang lebih rumit mungkin akan tahu apa kegunaanya, tapi pada dasarnya ini hanyalah saran dan semuanya tergantung anda.

Berikut ini contoh pertama: lesson2

Posted in Delphi, Pemrograman Tagged with: , , ,
44 comments on “Program Delphi Sederhana
  1. holis says:

    mas……………..g mana sih cara buat program yang lebih simpel dan desai yang menarik

  2. artharry says:

    pertanyaan yang mudah tetapi butuh jawaban yang lumayan susah, :-)
    ok, tidak apa apa, coba saya share di sini, tapi sebelumnya salam kenal dulu mas Holis,
    untuk program simple tentunya tergantung dengan kerumitannya, dan mungkin bisa menggunakan class maupun library untuk kasus yang sama, serta memperhatikan struktur penulisan program,
    untuk desain merupakan hal yang relative dari masing-masing, namun dapat juga menggunakan skin yang ada,

  3. artharry says:

    ada lagi, yang tidak kalah penting yaitu coba cari referensi yang banyak dan jangan berhenti untuk berlatih membuat program.
    code is art, ;-)

  4. strato says:

    ok mas thanks nih sharing ilmunya

  5. artharry says:

    Sama², semoga bermanfaat,
    salam kenal..

  6. qMost says:

    mas… saya mo nanya nih… (moga aja mas mo bagi dg saya).
    gimana klo qt buat program pake database di delphi, trus udah jadi, lalu mo diinstall ke komputer lain, tapi di komputer itu gak usah pake diinstall delphi-nya…?
    tanx sebelumnya…
    n/b. oh ya… klo mo kirimin artikel ke e-mail saya aja ya)

  7. artharry says:

    @qMost:
    Sebetulnya banyak software untuk membuat aplikasi instalasi seperti yang Anda maksud, namun di software master delphi ada software bawaannya dan bisa pakai itu, namanya Installshield Wizzard (kalo ga salah) tapi dengan fitur yang sederhana, belum bisa kalau untuk yang ada database nya, kecuali database yang cuma seperti contoh di artikel ini. Untuk bisa banyak fitur, cari aja software nya yang full version. Semoga bisa membantu.

    Untuk bisa mendapat artikel bisa lewat Subscribe RSS itu, klik aja, untuk berlangganan artikel² berikutnya.

  8. Yunuz says:

    bagus ….

  9. artharry says:

    @Yunuz
    Terimakasih, Salam kenal..

  10. DIVTA says:

    mas, mw tny.
    bs kasih cnth program sederhana delphi g???

  11. artharry says:

    @DIVTA:
    Owh, belum ada ya, file nya sudah ada sih, tapi lupa belum ku upload dan ku link kan..
    tar deh,, :)

  12. karya says:

    mas,mw tany.,
    Kan aku dapet tugas suruh buat kamus berbasis delphi. Nah database yg cocok untuk single user apa ya??
    Mohon saran ny dunk.,,Makasih..

    Eh iya trus bisa buat simpan gambar juga.hehe..

  13. divta says:

    terima ksih…

  14. artharry says:

    @divta:
    Sudah ada contohnya itu, silahkan download, dan contoh yang dengan database, ada di potingan yang lain..

  15. artharry says:

    @karya:
    Menggunakan database desktop paradox kayaknya sudah cukup tuh, bisa buat gambar juga.
    Selama ini pernah menggunakan paradox belum ada permasalahan yang signifikan selain ukuran database yang besar dan instalasi yang agak rumit.
    Sedang untuk Ms. Access kurang begitu suka aja, hehe.. selain filenya besar, kayaknya kurang stabil gitu (menurut pengalaman sih).
    dan sebenarnya lebih cocok dengan MySQL, bisa melengkapi kekurangan² diatas tadi, \m/

  16. karya says:

    O gt.,,
    Mz.,misalkan program ny mau di instal pd kompi lain.,kalo pake MySQL apa harus instal Apache ny juga??
    ato cuma database MySQL ny aja sudah bisa dpake??
    maap maklum baru belajar..

  17. artharry says:

    @karya:
    Iya, harus diinstal Mysqlnya. Kalo Apache kan untuk menjalankan web service di localhost / komputer sendiri gitu.
    Memang ada yang jadi satu dengan Apache, seperti phptriad, xampp, dll. tapi kalo pengen cuma Mysql (dan memang kita hanya butuh Mysql servernya saja) maka tidak perlu install apache juga, cukup Mysql nya aja.

  18. karya says:

    Ok mas.,makasih sharing ilmuny..

  19. putra says:

    tolong buatin program delphi 7.0,,
    dengan judul data penggajian karyawan,,,
    yang grtis yaaaa,,,
    beserta listingnya

  20. cemens says:

    btw klo mau di sebar, apa ajah tuh yang musti ngikut ?
    apakah tak perlu diapa-apakan lagi itu program biar bisa jalan tanpa instal delphi ?

  21. artharry says:

    @cemens:
    Kalau cuma program seperti diatas, kayaknya (dan selama ini yang saya alami) tidak memerlukan apa2, kecuali kalau kita menggunakan database, harus ada library yang ngikut, :)

  22. ara says:

    kayanya mesti aplikasi langsung yah? ehm,,, pusing juga… (anak hukum baru masuk IT nih)

  23. indah says:

    help me……….

    da tugas ne..

    heheheh

  24. budi says:

    mas tolong kasih unit nya aja….atau coding ya aja mas….

  25. artharry says:

    @indah: :D

    @budi:
    itu klik aja tulisan lesson2, kan nanti download source code nya ;)

  26. rojhieb says:

    bisa minta artikelnya ?

  27. rifweb says:

    Halo Salam Kenal,,,Terimakasih Atas TutorialNya. Blog Anda Bagus, Manstab. Berkunjung Balik ya ???

    Salam,

    [rifweb]

  28. aulia bramdhan says:

    mau nanya nih,,,kalo mau buat program pengkoneksian jaringan pake program delphi 7,,referensinya dri mana?????,,,sy mw mempelajari listing program delphi mengenai pembuatan program pengkoneksian jaringan….
    mohon bantuannya….???

    • artharry says:

      @aulia bramdhan koneksi antar jaringan mungkin bisa melalui koneksi DB, atau cara multitier. cara yang pertama biasanya saya gunakan, mungkin kalo ada waktu saya bahas..

  29. oncy says:

    k..bsa terbitkan tentang berbagai listning delphi???

  30. lyna says:

    mau nanya nih,,selain dalam penulisan syntax,kesalahan apa lagi yg membuat program aplikasi yg kita buat tidak bisa di run /error??

  31. Ulun says:

    ass..salam kenal mas dari aku, mas minta bantuannya dunk aku dapet tugas bwt program aplikasi data mining untk assosiasi barang (product) pada supermarket. Slama ini aku cari2 ga pernah ada contoh softwarenya. umpama mas punya bantuin dunk contoh aplikasinya . trims sebelumnya ya mas

  32. emilrockz says:

    gan, ane abis bikin program pake delphi, tapi kok .exe si program itu tidak bisa saya buka di komputer temen ane yang ga menginstall program delphi 7, sedangkan temen2 ane yg install program delphi7, ane bisa buka .exe nya dsana gan, mohon pencerahan.

  33. Danie Zoaldyeck says:

    Thanss gan!!!

  34. George says:

    Mas bisa kzi contoh ngga cara buat program sederhana untuk menghitung deret harmonis untk deret 1, 1/2, 1/3, 1/n pada delphi 7…? Makazih sblmya…!

  35. dara says:

    mas,, maaf neh sebelum’a,, aq kan pemula bgd yaa.. cari software’a delphi itu yg mudah dan gk makan wktu lama donwload’a dmn?? trs punya contoh program yg lebih singkat,, beserta output’a??
    makasih ya sebelum’a.. :D

  36. artharry says:

    @George Rumusnya mana? kalo ada kan tinggal masukin aja? :)

    @dara: wah, itu udah paling sederha banget, dicoba aja, klihatannya mudah kok, diikuti step step nya :)

  37. fhaiy says:

    buat soalnya susah :(

  38. ca'al says:

    maaf mau tanya jg mas.. tp sblmnx salam kenal dulu. z ca`al.
    saya buat aplikasi kurir database yg z gunakan ada 2 yakni mysql dan dbf. untuk mysql dijaringan client server z tdk ada masalah. tpi untuk dbf kan saya harus buatkan db dekstop. sementara untuk buat db dekstop itu z buat aliasnx di delphi. jdi scara logika 20 client hrus z installkan delphi toh? mhon bantuannx mas cara saya agar applikasi z dpt kenali dbf itu tanpa install delphinx. mhon di blz yah. thanks bro..

  39. Edel says:

    maaf mau nnya ne,,,
    bisa gk program.EXE yang terbentuk dari aplikasi delphi dapat d jlnkn secra mandiri tnpa hrus mellui Delphi lagi?

  40. download free software says:

    I’m not that much of a internet reader to be
    honest but your sites really nice, keep it up!

    I’ll go ahead and bookmark your site to come back in the
    future. Cheers

2 Pings/Trackbacks for "Program Delphi Sederhana"
  1. [...] Jika masih bingung, mungkin bisa membaca dulu postingan sebelumnya tentang cara membuat Database Sederhana dan Aplikasi Sederhana. [...]

  2. [...] jika hanya masalah kecil, jadi jangan takut untuk belajar dan mencoba, terus Belajar Komputer dan Belajar Program yang ada di dalamnya. Hal lain yang lebih rumit mungkin akan dibahas [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


5 − four =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>